KUMPULAN KTI KEBIDANAN DAN KTI KEPERAWATAN

Bagi mahasiswi kebidanan dan keperawatan yang membutuhkan contoh KTI Kebidanan dan keperawatan sebagai rujukan dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah bisa mendapatkannya di blog ini mulai dari BAB I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka, Kuesioner, Abstrak dan Lampiran. Tersedia lebih 800 contoh kti kebidanan dan keperawatan. : DAFTAR KTI KEBIDANAN dan KTI KEPERAWATAN

GAMBARAN PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG PEMBERIAN DIET PADA PENDERITA ASAM URAT DI DUSUN X DESA XXXX TAHUN 2013

Senin, 07 Oktober 2013



Asam urat adalah terjemahan dari kata uric acid. Uric artinya sesuatu yang berasal dari urine atau air seni sebab asam urat akan keluar melalui urine berupa endapan putih pekat pada penderita penyaki asam urat. Asam urat adalah zat berupa kristal putih sebagai hasil atau sisa metabolisme protein dan penguraian senyawa purin dalam tubuh. (Aminah, 2012)


Asam urat adalah senyawa sukar larut dalam air yang merupakan hasil akhir metabolisme purin. Secara alamiah purin terdapat dalam tubuh kita dan dijumpai dalam semua makanan dari sel hidup, yakni makanan dari tanaman berupa sayur, buah, dan kacang-kacangan atau hewan berupa daging, jeroan, dan ikan sarden. Juga dalam minuman alkohol dan makanan kaleng. (Damayanti, 2012).

 Penyebab Asam Urat

Setiap penyakit mempunyai penyebab, tak terkecuali asam urat. Asam urat tidak mucul secara tiba-tiba, namun mempunyai proses yang membutuhkan waktu. Asam urat dapat terbentuk melalui dua jalur yaitu: faktor dari dalam tubuh dan faktor dari luar tubuh.



A.      Faktor dari dalam tubuh.
Asam urat secara alami akan terbentuk oleh tubuh kita, kerena asam urat merupakan hasi sampingan dari pemecahan sel dan pembentukan sel baru yang berkisinambungan. Faktor pembentukan asam urat dalam tubuh sebagai berikut:
1.        Genetik.
2.        Suku bangsa.
3.        Menurunnya fungsi ginjal.
4.        Kegemukan.


A.      Faktor dari luar tubuh.
Asam urat juga disebabkan oleh faktor diluar tubuh. Artinya penyakit itu terjadi karena ada sesuatu yang dimasukan kedalam tubuh kita. Dua hal yang dituding yang dapat menyebabkan asam urat.
1.        Obat.
Beberapa obat dapat menimbulkan tingginya asam urat. misalnaya obat yang digunakan agar darah selalu encer dan tidak mengumpal.
2.        Makanan dan minuman.
Asupan makanan dan minuman yang mengandung kadar asam urat tinggi dituding sebagai biang munculnya penyakit asam urat. banyak contoh makanan dan minuman yang menyebabkan asam urat. penyakit asam urat yang disebabkan faktor dari luar tubuh lebih mudah disembuhkan dibanding faktor dari dalam tubuh. (Soeryoko, 2011)


Gejala
Gejala khas dari serangan Arthritis Gout/Asam urat adalah serangan akut, biasanya bersifat monoartikular (menyerang satu sendi saja) dengan gejala pembengkaan, kemerahan, nyeri hebat, panas dan gangguan gerak dari sendi yang terserang yang terjadi mendadak (akut) yang mencapai puncaknya dari 24 jam. Lokasi yang paling sering pada serangan pertama adalah sendim pangkal ibu jari kaki. Hampir pada semua kasus, lokasi arthritis terutama pada perifer dan jarang pada sendi sentral. Berikut ini adalah rincian dari gejala penyakit asam urat :


1.        Kesemutan dan linu.
2.        Nyeri terutama pada malam hari atau pagi saat bangun tidur.
Sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi. (Damayanti, 2012)

KTI KEBIDANAN NO 808

0 comments:

Poskan Komentar