KUMPULAN KTI KEBIDANAN DAN KTI KEPERAWATAN

Bagi mahasiswi kebidanan dan keperawatan yang membutuhkan contoh KTI Kebidanan dan keperawatan sebagai rujukan dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah bisa mendapatkannya di blog ini mulai dari BAB I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka, Kuesioner, Abstrak dan Lampiran. Tersedia lebih 800 contoh kti kebidanan dan keperawatan. : DAFTAR KTI KEBIDANAN dan KTI KEPERAWATAN

KTI Pelaksanaan Senam Hamil di RS XXXXX

Rabu, 14 September 2011

Senam hamil adalah suatu program kebugaran yang diperuntukan bagi ibu hamil yang           memiliki  gerakan  khusus  yang  disesuaikan  dengan  kondisi  Ibu  hamil, mengurangi keluhan yang timbul selama kehamilan dan mempersiapkan fisik dan psikis Ibu dalam menghadapi persalina(Khusartati, 2009, hal 9).
Senam hamil adalah suatu bentuk latihan guna memperkuat dan mempertahankan elastisitas otot-otot dinding perut, ligamen-ligamen atau dasar panggul yang berhubungan dengan proses persalinan (Azaroh, 2008) .
Senam  hamil  adalateraplatihan  gerakauntuk  mempersiapkaIbu  hamil, secara  fisik  atau  mental,  pada  persalinan  cepat,  amadasponta(Evariny,  14
Januari 2007).

Melalui     senam     hamil     diperoleh     keadaan     prima     dengan     melatih     dan mempertahankan otot-otot dinding perut, otot dasar pangggul serta jaringan penyanggahnya berfungsi saat bersalin berlangsung. Senam juga melonggarkan persendian yang berhubungan dengan persalinan, memperoleh pengetahuan dan kemampuan mengatur pernafasan, relaksasi, dan kontraksi otot dinding perut, otot sekat  rongga  badan dan otot  dassar  panggusaat  persalinan.  Dengan senajuga meningkatkan kemampuan mengkoordinasi kekuatan kontraksi otot rahim sehingga
tercapai hasil optimal menuju jalan lahir, dan meningkatkan kesegaran rohani dan jasmani Ibu hamil (Manuaba, 1999, hal. 116).
Senam hamil dapat mempermudah persalinan. Menurut Ervin Indarti, Fisioterapis RSI Jemursari Surabaya, senam hamil bermanfaat untuk mempermudah proses kelahiran, mengurangi rasa sakit saat melahorkan serta memperkuat otot-otot dasar panggul dan dinding perut Ibu dalam memperlancar proses kelahiran. Bahkan Ervin menjelaskan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara Ibu hamil yang melakukan senam hamil dan ketika proses kehamilan (Banyu Media, hal.15).
Senam hamil berguna untumengoptimalkan keseimbangan fisik,  memelihara kesehatan kehamilan, menghilangkan keluhan yang terjadi karena perubahan- perubahan  akibat  proses  kehamilan  dan  mempermudah  proses  persalinan  (Dyah,
2005).

Menurut dr. Tjahja Sanggara SPOG, senam hamil juga dapat mengurangi rasa sakit pada waktu persalinan, melancarkan sirkulasi darah, mengurangi keluhan pada Ibu hamil, Ibu lebih bugar, memberikan relaksasi, mengurangi kejang kaki, mengurangi kaki bengkak, menguatkan otot perut dan mempercepat penyembuhan setelah     kehamilan,         meningkatkan           stamina  yang              sangat           diperlukan               selama persalinandan menguatkan serta mengencangkan otot-otot yang paling banyak dipengaruhi oleh kehamilan                      (Tjahja, 20 Januari 2009).
Senam hamil akan banyak memberi manfaat dalam membantu kelancaran proses persalinan, antara lain dapat melatih pernafasan dan relaksasi, menguatkan otot-otot panggul dan perut, serta melatih cara mengejan yang benar (Banyu Media, hal. 16).
Tujuan lain senam hamil yaitu memberi           dorongan serta melatih jasmani dan rohani dari ibu secara bertahap agar Ibu dapat menjalani proses persalinan dapat berjalan dengan lancer dan mudah (Banyu Media, hal.16).


Kunjungi : Download KTI Kebidanan dan Keperawatan No  241

0 comments:

Poskan Komentar