KUMPULAN KTI KEBIDANAN DAN KTI KEPERAWATAN

Bagi mahasiswi kebidanan dan keperawatan yang membutuhkan contoh KTI Kebidanan dan keperawatan sebagai rujukan dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah bisa mendapatkannya di blog ini mulai dari BAB I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka, Kuesioner, Abstrak dan Lampiran. Tersedia lebih 800 contoh kti kebidanan dan keperawatan. : DAFTAR KTI KEBIDANAN dan KTI KEPERAWATAN

RUANG LINGKUP TUGAS AKHIR DAN SKRIPSI

Jumat, 22 Juni 2012

KTI
1.1       PRODI DIII Kebidanan
Penelitian kebidanan memiliki ruang lingkup yang berbeda dengan penelitian lainnya. Ruang lingkup penelitian kebidanan mencangkup kategori sebagaimana tersebut dibawah ini :
1)   Kehamilan
Lingkup penelitian ini adalah segala bentuk penelitian yang membahas tentang berbagai masalah-masalah kehamilan, dampak perubahan tersebut pada ibu, atau keluarga serta masalah lain seperti adanya masalah perdarahan pervagina, hipertensi gravidarum, nyeri perut bawah, nyeri kepala, gerakan janin tidak terasa, status gizi ibu hamil, dan lain-lain.
2)   Persalinan
Lingkup ini membahas tentang berbagai masalah-masalah yang terjadi dalam proses persalinan, seperti cepat atau tidaknya proses persalinan (kala I, II, III dan kala IV), dan teknik-teknik yang tepat dalam membantu proses persalinan.
3)   Nifas (pasca persalinan)
Lingkup ini membahas berbagai permsalahan dalam nifas, seperti masalah proses laktasi dan menyusui, respon orang tua terhadap bayi baru lahir, perubahan fisiologi dan patologi setelah masa nifas, kebutuhan nifas, berbagai masalah yang sering terjadi serti nyeri, infeksi, perawatan payudara, perineum, senam nifas, dan lain-lain.
4)   Patologi Kebidanan
Lingkup ini membahas berbagai masalah patologi kebidanan, seperti adanya penyakit pada masa kehamilan atau persalinan.
5)   Kebidanan Komunitas
Lingkup ini membahas berbagai masalah kebidanan di komunitas, seperti kematian ibu dan bayi, kehamilan remaja, unsafe abortion, bayi berat lahir rendah, tingkat kesuburan, pertolongan persalinan oleh nonkesehatan, perilaku social budaya yang berpengaruh pada masalah kebidanan, dan penyakit menular seksual.
6)   Neonatus, Bayi dan Balita
Lingkup ini mebahs tentang berbagai msalah pada neonatus, bayi dan anak balita diantaranya adaptasi bayi baru lahir, adanya infeksi, rawat gabung, tumbuh kembang, serta masalah, seperti trauma lahir, dan berbagai penyakit seoerti bercak mongol, hemangioma, ikterik, diaperrush, diare, infeksi dan lain-lain.
7)   Keluarga Berencana
Lingkup ini membahas berbagai masalah yang berkaitan dengan keluarga berencana mulai dari efeTAvitas penggunaan KB, dampak, cara/metode, konseling dan lain-lain.
8)   Kesehatan Reproduksi
Lingkup ini membahas berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan reprodulsi, seperti infertilitas, sexual transmited disease  atau penyakit menular sexual, gangguan haid, pelvic inflammatory disease, aborsi dan penyakit keganasan, kekerasan, perkosaan, pelecehan seksual, single parent, perkawinan usia muda, drag abuse, pekerja seks komersial dan lain-lain.

1.2       PRODI DIII Dan S1 Keperawatan
1)   Promosi Kesehatan
Penelitian pada bidang ini mengidentifikasi karakteristik individu atau situasi yang berhubungan dengan peningkatan perilaku individu terhadap kesehatan.
Bidang ini meliputi :
a.   Pendidikan kesehatan kepada individu, keluarga dan masyarakat.
b.   Upaya-upaya meningkatkan daya tahan tubuh agar dapat mencegah terjadinya penyakit.
c.   Memberikan asupan dan motivasi untuk gerakan gaya hidup sehat.
d.   Pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya suatu penyakit.
2)   Proses Keperawatan dan Keputusan di Lapangan (Klinik)
Fokus penelitian pada bidang ini adalah mengkaji salah satu tahap dalam proses keperawatan atau alasan yang spesifik berhubungan dengan clinical/field judgment. Ditekankan untuk mendefinisikan karakteristik atau penyebab yang berhubungan dengan beberapa diagnosa keperawatan, efektivitas intervensi keperawatan pada klien dengan masalah tertentu.
3)   Kelompok Risiko Tinggi
Perawat tertarik untuk mengidentifikasi sekelompok orang yang mempunyai risiko tinggi dalam masalah kesehatan tertentu dan dalam penyusunan strategi untuk menurangi faktor risiko.
4)   Deskripsi keadaan Keperawatan yang Holistic
Fenomena praktek di lapangnan klinik sesuai dengan filosofi keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatanm harus menekankan pada 3 unsur holostic, humanistic dan caring ( Bio-psiko-sosio-cultural-spritual).
5)   Kelompok Khusus
Bidang ini mencakup identifikasi kepercayaan suatu adat yang mempengaruhi “ethnic group”, ketersediaan fasilitas klinik di lansia, dan persepsi orang yang secara adaptasi berbeda dengan tenaga kesehatan.
6)   Compliance (Kepatuhan) terhadap program pengobatan
Riset ini bertujuan untuk memahamiseberapa jauh pola koping, interaksi keluarga, motivasi dan keadaan individu (umur, jenis kelamin dan pendidikan) ada hubungannya dengan kepatuhan diet, pengobatan dan program latihan.
(Setiadi, 2007 : 14)

Catatan : Adapun desain penelitian minimal untuk D III dan S I adalah :
a)       Untuk penelitian D III minimal jenis Observasi Deskriptif
b)       Untuk Penelitian S I minimal jenis Observasi Analitik dua variabel


Kunjungi : Download KTI Kebidanan dan Keperawatan

0 comments:

Poskan Komentar