KUMPULAN KTI KEBIDANAN DAN KTI KEPERAWATAN

Bagi mahasiswi kebidanan dan keperawatan yang membutuhkan contoh KTI Kebidanan dan keperawatan sebagai rujukan dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah bisa mendapatkannya di blog ini mulai dari BAB I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka, Kuesioner, Abstrak dan Lampiran. Tersedia lebih 800 contoh kti kebidanan dan keperawatan. : DAFTAR KTI KEBIDANAN dan KTI KEPERAWATAN

KTI GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG MENSTRUASI PERTAMA (MENARCHE) PADA SISWI SMP HARAPAN DESA PAYA BAKUNG

Kamis, 14 Juli 2011

Pengertian Haid Pertama (Menarche)

Setelah menginjak masa remaja, seorang gadis pasti mengalami menstruasi. Bagi wanita permulaan haid merupakan saat penting dalam hidupnya, karena pada saat itu menandakan mulainya kehidupan reproduksinya. Menstruasi adalah tanda bahwa siklus masa subur telah dimulai. Menstruasi terjadi pada saat lapisan dalam dinding rahim luruh dan keluar dalam bentuk yang dikenal dengan darah menstruasi yang keluar melalui liang senggama(Jones, 2005: 26)
Menarche (menstruasi pertama) adalah pengeluaran darah dari alat kandungan yang dialami wanita normal untuk pertama kalinya sebagai tanda bahwa wanita tersebut sudah beranjak dewasa (Azhar, 2001).
Usia saat menarche biasanya terjadi antara umur 10-16 tahun tergantung pada faktor-faktor yang mempengaruhi kedewasaan dan perkembangan hormon dari gadis itu sendiri. Proses menstruasi berlangsung secara periodik, yakni kira-kira sekali sebulan, siklus ini berbeda-beda antara wanita yang satu dengan wanita yang lain yakni antara 21-36 hari yang lamanya berkisar antara 3-7 hari (Jones, 2005 : 26).



Cara Mengenali Datangnya Menstruasi

Beberapa  informasi  yang  harus  dijelaskan  kepada  remaja  mengenai  gejala- gejala penyerta sebelum dan saat menstruasi antara lain :
a.Perasaan malas bergerak, badan menjadi lemas dan mudah lelah. 
b.Nafsu makan meningkat atau justru menurun.
c.Emosi  menjadi  labil,  mudah  uring-uringan,  sensitif  dan  timbul  perasaan- perasaan negatif lainnya.
d.Mengalami kram perut ( disminorhoe)

e.Kepala nyeri dan pusing f. Pingsan
g.Berat badan bertambah karena tubuh menyimpan banyak air h.Pinggang terasa pegal
i. Suhu badan meningkat

j. Payudara bengkak (Jones, 2005: 34)




Siklus Menstruasi

Menstruasi terjadi karena perubahan-perubahan pada alat reproduksi, khususnya rahim dan indung telur. Perubahan ini membentuk suatu siklus yang dikenal dengan siklus haid, lamanya pada setiap wanita dapat berbeda-beda yakni antara 21-36 hari (http://www.kompas.com/kompas-cetak/0310/muda/599450.htm).
Pada setiap siklus haid dikenal 3 masa utama, ialah diantaranya sebagai berikut:

1.   Masa haid, selama 2-8 hari pada waktu itu endometrium dilepaskan sedangkan pengeluaran hormon-hormon ovarium paling rendah.
2.   Masa Proliferasi, sampai hari ke 14 pada waktu itu endometrium tumbuh kembali, disebut juga dengan endometrium mengadakan proliferasi antara hari ke 12 dan ke 14 dapat terjadi pelepasan ovum dari ovarium yang disebut dengan ovulasi.
         3.   Sesudahnya dinamakan sekresi, ketika itu korpus rubrum menjadi korpus luteum yang mengeluarkan progesteron, dibawah pengaruh progesterone ini kelenjar endometrium yang tumbuh berkeluk-keluk mulai bersekresi dan mengeluarkan getah yang mengandung glikogen dan lemak (Prawirohardjo, 2002)

0 comments:

Poskan Komentar