KUMPULAN KTI KEBIDANAN DAN KTI KEPERAWATAN

Bagi mahasiswi kebidanan dan keperawatan yang membutuhkan contoh KTI Kebidanan dan keperawatan sebagai rujukan dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah bisa mendapatkannya di blog ini mulai dari BAB I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka, Kuesioner, Abstrak dan Lampiran. Tersedia lebih 800 contoh kti kebidanan dan keperawatan. : DAFTAR KTI KEBIDANAN dan KTI KEPERAWATAN

KTI Gambaran Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Depresi Pasca Persalinan di Rumah Bersalin XXX

Rabu, 30 Maret 2011

        BAB I         
PENDAHULUAN

1.1        Latar Belakang

Masa puerperium atau masa nifas mulai setelah partus selesai dan berakhir setelah kira-kira 6 minggu. Akan tetapi, seluruh alat genital baru pulih kembali seperti sebelum ada kehamilan dalam waktu 3 bulan. (Sarwono 2007, hal 237)
Meskipun secara statistik ada indikasi terdapat lebih dari 80% wanita mengalami perubahan emosi pasca persalinan termasuk “Baby Blues” tidak semua emosi membutuhkan penanganan serius, rasa sakit, bingung dan perasaan campur aduk mengiringi kehadiran sang buah hati, tetapi perasaan itu akan hilang dengan sendirinya setelah 2 minggu kemudian. (Reiss 2004, hal 178)
Depresi Pospartum mempengaruhi sekitar 15% ibu dan khususnya terjadi pada minggu dan bulan-bulan awal, postpartum dapat bertahan sampai satu tahun atau lebih. (Sarwono 2006, hal u-6)
Menurut Marshall ada 10% wanita mengalami Depresi Pasca Melahirkan. Sebuah survey yang dilakukan di afrika juga mendukung pendapat marshall yaitu adanya 10% wanita yang mengalami depresi pasca persalinan.(Marshall 2004, hal 31)
Dari penelitian-penelitian diketahui bahwa  dinegara-negara barat depresi pasca persalinan di alami lebih kurang 15 - 20 % dari perempuan yang melahirkan baik yang pertama kali maupun  yang berikutnya. Dimalaysia pada tahun 1995 dikethui bahwa ibu yang mengalami depresi pasca persalinan sebanyak 3,9% sedangkan di singapura angka kejadiannya hanya 1% (Elvira 2006, hal 4)
Di Indonesia, diperkirakan angka kejadian depresi pasca persalinan masih rendah atau setidaknya lebih rendah dari negara-negara lain atau masyarakat ditempat lain di belahan dunia ini, mengingat budaya dan sifat insani Indonesia yang diasumsikan lebih besar, dan menerima apapun menyedihkan. Terlebih kaum wanita yang biasa bekerja keras serta berperan ganda dalam kehidupannya. Namun dari beberapa penelitian yang telah dilakukan di berbagai tempat,  di Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya, ternyata ditemukan bahwa angka kejadiannya 11 – 30%. Suatu jumlah yang tidak sedikit yang mungkin di biarkan saja,terlebih bila mengingat berbagai dampak negatif yang menyertainya. (Elvira 2006)
Di Rumah Bersalin ..................................... Marendal telah ditemukan ibu nifas yang mengalami depresi pasca persalinan sebanyak 2 orang.
 Mengingat dampaknya terhadap ibu, anak maupun keluarga adalah bijaksana bila kita mempelajari kondisi tersebut dan kemudian dapat membantu mencarikan pertolongan bila diantara teman atau keluarga kita ada yang mengalaminya. (Elvira 2006)
Telah dilakukan survey data pada tanggal 26 April 2009 dirumah bersalin ..................................... Marendal Medan dan di temukan adanya ibu nifas sejak bulan Januari – April sebanyak 30 orang dengan masa nifas masing-masing 1 – 2 hari.
Dari latar belakang tersebut Peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul gambaran karakteristik pengetahuan ibu nifas tentang depresi pasca persalinan di rumah bersalin ..................................... Marendal tahun 2009.
 
1.2        Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat dirumuskan permasalahan yaitu bagaimana gambaran karakteristik pengetahuan ibu nifas tentang depresi pasca persalinan dirumah bersalin ..................................... Marendal tahun 2009.

1.3  Tujuan Penelitian
1.3 1    Tujuan Umum
Untuk mengetahuhui gambaran pengetahuan ibu nifas tentang depresi pasca persalinan di rumah bersalin ..................................... Marendal 2009.
1.3.2        Tujuan Khusus
  1. Untuk mengetahui distribusi pengetahuan ibu nifas tentang depresi pasca persalinan berdasarkan umur.
  2. Untuk mengetahui distribusi pengetahuan ibu nifas tentang depresi pasca persalinan berdasarkan pendidikan.
  3. Untuk mengetahui distribusi pengetahuan ibu nifas tentang depresi pasca persalinan berdasarkan tingkat pekerjaan.

1.4 Manfaat Penelitian
1.4.1    Bagi Rumah Bersalin .....................................
Sebagai masukan untuk meningkatkan Pelayanan Kebidanan pada ibu nifas       terutama pada minggu pertama Post Partum, terutama dalam melakukan usaha
promosi dan Preventif fisik atau psikis ibu nifas.

1.4.2         Bagi Ibu /Responden
Untuk meningkatkan Pengetahuan ibu nifas dirumah bersalin ..................................... Marendal tentang Depresi Pasca Persalinan.
1.4.3        Bagi Peneliti
Sebagai bahan masukan bagi peneliti tentang Depresi Pasca Persalinan dan pengembangan depresi pasca persalinan.
1.4.4        Bagi Instansi Pendidikan
Untuk menambah referensi bagi Perpustakaan Akademi Kebidanan ..................................... Deli Serdang.
1.4.5        Bagi Peneliti Selanjutnya
Sebagai perbandingan untuk Peneliti selanjutnya

Kunjungi : Download KTI Kebidanan dan Keperawatan No 57

0 comments:

Poskan Komentar