KUMPULAN KTI KEBIDANAN DAN KTI KEPERAWATAN

Bagi mahasiswi kebidanan dan keperawatan yang membutuhkan contoh KTI Kebidanan dan keperawatan sebagai rujukan dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah bisa mendapatkannya di blog ini mulai dari BAB I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka, Kuesioner, Abstrak dan Lampiran. Tersedia lebih 800 contoh kti kebidanan dan keperawatan. : DAFTAR KTI KEBIDANAN dan KTI KEPERAWATAN

KTI Pelaksanaan Manajemen Keperawatan Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit XXX Medan Tahun 2010

Minggu, 13 Maret 2011

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang
Istilah  manajemen  berasal dari kata management (bahasa Inggris) turun dari kata ”to Manage” yang artinya mengerus atau tata laksana. Sehingga manajemen dapat diartikan bagaimana cara manager “orangnya” mengatur, membimbing dan memimpin semua orang  yang menjadi pembantunya  agar usaha yang sedang digarap dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Manajemen  juga dapat diartikan lagi proses perencanaan, pengorganisasiaan, pengarahan dan pemantaun berbagai upaya dari anggota, organisasi dan menggunakan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen  diartikan secara singkat  sebagai proses untuk melaksanakan pekerjaan melalui upaya orang lain. Sedangkan  manajemen keperawatan sendiri diartikan secara singkat sebagai proses  pelaksanaan pelayanan keperawatan melalui staf keperawatan untuk memberi asuhan keperawatan. Pengobatan dan rasa  aman  kepada pasien, keluarga, masyarakat. (Syafruddin, SKM. M. Kes. 2009)
Manajemen keperawatan adalah suatu  tugas khusus yang  harus dilaksanakan oleh pengelola  keperawatan untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan serta mengawasi sumber-sumber yang ada baik sumber daya manusia, atau pun dana sehingga dapat memberikan pelayanan keperawatan yang efektif. Baik kepada pasien keluarga dan masyarakat. (Suyanto, SKP. M. Kep 2008)
Keperawatan adalah model pelayanan profesional dalam memenuhi  kebutuhan dasar yang diberikan kepada  indivudi baik sehat maupun sakit yang mengalami gangguan, fisik, psikis, sosial agar dapat mencapai derajat kesehatan yang optimal. (Nursalam, 2009)
Mutu adalah meurpakan suatu proses pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen  baik internal maupun eksternal. (Al Azzap, 2009)
Pelayanan keperawatan  adalah merupakan bantuan yang diberikan kepada individu  yang sedang sakit untuk dapat memenuhi kebutuhannya, sebagai makhluk hidup yang  beradaptasi terhadap stress dengan menggunakan potensi yang ada pada diri individu  itu sendiri.
 Rumah  sakit merupakan suatu tempat untuk melaksanakan upaya peningkatan kesehatan, mencegah  dan menyembuhkan penyakit, serta memulihkan kesehatan. Masyarakat telah menganggap bahwa rumah sakit  adalah harapan terakhir bagi orang  yang sedang sakit. Bahkan ada sebagian masyarakat  yang berperilaku untuk segera berobat kerumah sakit hanya jika mereka menderita suatu penyakit tertentu. Peningkatan mutu sebagai salah satu upaya merupakan tujuan dasar dari pelayanan keperawatan, yakni melindungi pasien, tenaga kesehatan dan organisasi tersebut. Adapun perubahan sosial budaya  masyaraka dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Peningkatan  pengetahuan demikian cepat. Serta diikuti oleh tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang lebih baik, mengharuskan sarana pelayanan kesehatan untuk mengembangkan diri  secara terus menerus seiring dengan perkembangan yang ada  pada masyrakat tersebut. Oleh sebab itu setiap rumah sakit maupun puskesmas seharusnya meningkatkan penampilan masing-masing secara terencana sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan  masyarakat agar dapat terus berkembang. (M. Fais Satrianegara, 2009)
Hal yang  membuat peneliti tertarik dalam mengambil judul “Pelaksanaan Manajemen Keperawatan  terhadap peningkatan mutu pelayanan keperawatan” bahwasanya keperawatan di Indonesia dimasa depan perlu mendapatkan prioritas  utama dalam  meningkatkan mutu pelayanan keperawatan khususnya di negara kita Indonesia.

1.2.  Rumusan  Masalah
Dari latar belakang didapatkan perumusan masalah yaitu bagaimana “Pelaksanaan Manajemen Keperawatan Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Keperawatan di R.S.U. Martha Friska Medan

1.3.  Tujuan Peneliti
1.3.1.      Tujuan Umum
Untuk Mengetahui Pelaksanaan Manajemen Keperawatan Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan  Keperawatan di R.S.U Martha Friska Medan.
1.3.2.      Tujuan Khusus
1.      Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen keperawatan berdasarkan proses
2.      Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen keperawatan berdasarkan prinsif
3.      Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen keperawatan berdasarkan kerangka konsep dan pilosofi  
4.      Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen keperawatan berdasarkan fungsi  
5.      Untuk mengetahui peningkatan mutu pelayanan keperawatan berdasarkan strategi

1.4.  Manfaat Penelitian
  1. Bagi Rumah Sakit
Hasil penelitian ini dapat digunakan mengevalusi manajemen keperawatan yang sudah  ada  dengan maksud untuk lebih meningkatkan dan mempertahankan  mutu pelayanan  keperawatan di R.S.U. Martha Friska Medan.
  1. Bagi Institusi Akper Harapan Mama
Sebagai informasi /  sumber bacaan di perpustakaan  Akper  Harapan Mama Medan dalam meningkatkan mutu pelayanan keperawatan agar lebih baik  kedepan khususnya dalam  bidang manajemen keperawatan
  1. Bagi Peneliti Sendiri
Sebagai ilmu pengetahuan dan tambahan ilmu khususnya dibidang keperawatan tentang   pelaksanaan  manajemen  keperawatan di R.S.U Martha Friska Medan.

  1. Bagi Penelitian Lainnya
Sebagai masukan bagi peneliti lainnya yang ingin  meneliti tentang  penelitian yang berkaitan dengan ”Pelaksanaan  manajemen keperawtan terhadap peningkatan  mutu pelayanan keperawatan di Rumah  Sakit.
Perawat dituntut selalu  melaksanakan asuhan keperawatan dengan benar atau rasional dan baik atau etika. Hal ini berkaitan dengan  tuntutan  profesi dan tuntutan global. Mengingat setiap  perkembangan  dan perubahan memerlukan pengelolaan yang profesional setiap mempertahankan setiap perubahan yang terjadi di Indonesia.
(Nursalam, 2009)
Berdasarkan  latar belakang diatas penulis tertarik mengambil ”Pelaksanaan Manajemen Keperawatan Terhadap Peningkatan Mutu  Pelayanan Keperawatan di R.S.U. Martha Friska Medan.

Kunjungi : Download KTI Kebidanan dan Keperawatan No Urut KTI 45

0 comments:

Posting Komentar