KUMPULAN KTI KEBIDANAN DAN KTI KEPERAWATAN

Bagi mahasiswi kebidanan dan keperawatan yang membutuhkan contoh KTI Kebidanan dan keperawatan sebagai rujukan dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah bisa mendapatkannya di blog ini mulai dari BAB I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka, Kuesioner, Abstrak dan Lampiran. Tersedia lebih 800 contoh kti kebidanan dan keperawatan. : DAFTAR KTI KEBIDANAN dan KTI KEPERAWATAN

KTI Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Kista Ovarium di RSU XXXX Medan

Rabu, 30 Maret 2011

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang
Kista ovarium yang bersifat ganas disebut juga kanker ovarium. Kanker ovarium merupakan penyebab kematian dari semua kanker ginekologi. Di Amerika Serikat pada tahun 2001 diperkirakan jumlah penderita kanker ovarium sebanyak
23 .400 dengan angka kematian sebesar 13.900 orang.
Tingginya angka kematian karena penyakit ini sering tanpa gejala dan tanpa menimbulkan keluhan, sehingga tidak diketahui dimana sekitar 60% - 70% penderita datang pada stadium lanjut. Maka penyakit ini disebut juga silent killer
 Angka kejadian kanker ovariumdi Indonesia belum diketahui secara pasti karena pencatatan dan pelaporan di negeri kita kurang baik. sebagai gambaran di RSU, kanker dharmais ditemukan penderita kanker ovarium sebanyak 30 kasus setiap tahun. Study epidemologie menyatakan beberapa faktor resiko nullipata, melahirkan pertama kali pada usia di atas 35 tahun dan wanita yang mempunyai keluarga dengan riwayat kehamilan pertama terjadi pada usia di bawah 25 tahun. Penggunaan pil kontrasepsi dan menyusui akan menurunkan kanker ovarium sebanyak
30–60%.(Dharmais,2007)
Walaupun penanganan dan pengobatan kanker ovarium telah dilakukan dengan prosedur yang benar namun hasil pengobatannya sampai saat ini belum menggembirakan termasuk pengobatan dan pengobatan yang dilakukan di pusat kanker terkemuka di dunia sekalipun. Angka kelangsungan hidup 5 tahun penderita kanker ovarium pada stadium lanjut berkisar 20 – 30 %.
Di RSU H. Adam Malik Medan terdapat jumlah seluruh penderita kista ovarium tahun  2008 – 2009 sebanyak 47 orang. Berdasarkan uraian diatas data tersebut, penulis merasa tertarik untuk meneliti lebih lanjut tentang gambaran faktor-faktor penyebab kista ovarium di RSU H. Adam Malik Medan Periode 2004 – 2008.

1.2.  Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan uraian di atas, penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana gambaran  faktor-faktor  penyebab kista ovarium di RSU. H. Adam Malik Medan Periode 2004 – 2008.

1.3.  Tujuan Penelitian
1.3.1.      Tujuan Umum
Untuk mengetahui gambaran faktor-faktor penyebab kista ovarium di RSU H. Adam Malik Medan Periode 2004 – 2008.
1.3.2.      Tujuan Khusus
1. Untuk mengetahui distribusi faktor-faktor penyebab kista ovarium berdasarkan umur di RSU H. Adam Malik Medan Periode 2004 – 2008.
2. Untuk mengetahui distribusi faktor-faktor penyebab kista ovarium berdasarkan paritas di RSU H. Adam Malik Medan Periode 2004 – 2008.
3. Untuk mengetahui distribusi faktor-faktor penyebab kista ovarium berdasarkan pekerjaan di RSU H. Adam Malik Medan Peridoe 2004 – 2008.

1.4.  Manfaat Penelitian
  1. Bagi pihak RSU H. Adam Malik Medan
Dapat memberikan informasi/sebagai masukan dalam meningkatkan pelayanan, khususnya pada pelayanan terhadap kesehatan ibu, terutama dalam upaya menurunkan angka kejadian kista ovarium.
  1. Bagi Instansi Pendidikan Akademi Kebidanan ..................................... Kabupaten Deli Serdang.
A.  Untuk melengkapi bacaan di perpustakaan Akademi Kebidanan ..................................... Kabupaten Deli Serdang.
B.   Untuk pengembangan ilmu atau peneliti lebih lanjut
  1. Bagi peneliti selanjutnya
Agar penelitian ini dapat menjadi acuan tambahan dalam penelitian di masa mendatang.
  1. Bagi peneliti sendiri
Penelitian ini telah banyak memberikan pengalaman awal dalam melakukan penelitian di RSU H. Adam Malik Medan dan telah banyak menambah pengetahuan dan wawasan tentang gambaran faktor-faktor penyebab kista ovarium pada ibu RSU H. Adam Malik Medan.

Kunjungi : Download KTI Kebidanan dan Keperawatan No 55

0 comments:

Poskan Komentar