KUMPULAN KTI KEBIDANAN DAN KTI KEPERAWATAN

Bagi mahasiswi kebidanan dan keperawatan yang membutuhkan contoh KTI Kebidanan dan keperawatan sebagai rujukan dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah bisa mendapatkannya di blog ini mulai dari BAB I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka, Kuesioner, Abstrak dan Lampiran. Tersedia lebih 800 contoh kti kebidanan dan keperawatan. : DAFTAR KTI KEBIDANAN dan KTI KEPERAWATAN

MAKALAH HIV/AIDS

Senin, 21 Maret 2011

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah
Kita semua mungkin banyak mendengar cerita-cerita yang menyeramkan tentang HIV/AIDS. Penyebaran AIDS itu berlangsung secara cepat dan mungkin sekarang sudah ada di sekitar kita. Sampai sekarang belum ada obat yang bisa menyembuhkan AIDS, bahkan penyakit yang saat ini belum bisa dicegah dengan vaksin. Tapi kita semua tidak perlu takut. Jika kita berprilaku sehat dan bertanggung jawab serta senantiasa memegang teguh ajaran agama, maka kita akan terbebas dari HIV/AIDS.

B.  Perumusan Masalah
Dengan melihat latar belakang yang telah dikemukakan maka beberapa masalah yang dapat penulis rumuskan dan akan dibahas dalam makalah ini adalah :
1.      Apakah penyebab AIDS itu?
2.      Bagaimana cara penularan HIV/AIDS?
3.      Bagaimana pandangan 5 agama di Indonesia tentang HIV/AIDS?

C.  Tujuan
Penulisan makalah ini dilakukan untuk memenuhi tujuan-tujuan yang diharapkan dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menambah ilmu pengetahuan dan wawasan. Secara terperinci tujuan dari penelitian dan penulisan makalah ini adalah :
1.      Mengetahui penyebab AIDS serta bahaya yang ditimbulkan.
2.      Mengetahui cara pencegahan HIV/AIDS.
3.      Mengetahui pandangan 5 agama di Indonesia tentang HIV/AIDS.

D.  Metode Penulisan
Untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan penulis mempergunakan metode observasi dan kepustakaan. Adapun tehnik-tehnik yang dipergunakan pada penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Tehnik Wawancara
Tujuan dari tehnik wawancara ini adalah agar diperoleh gambaran yang lebih lengkap mengenai kasus yang dibahas. Respondennya meliputi beberapa kaum pendidik yang penulis anggap cukup mengerti tentang masalah ini.
2.      Studi Pustaka
Pada metode ini, penulis membaca buku-buku dan literatur yang berhubungan dengan penulisan makalah ini.
3.      Internet
Pada metode ini penulis juga mencari materi yang berhubungan dengan penulisan ini di internet.
 
E.   Sistematika Penulisan
Pada makalah ini, penulis akan menjelaskan hasil makalah dimulai dengan bab pendahuluan. Bab ini meliputi latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan, metode penulisan, dan sistematika penulisan.
Pada bab kedua, penulisan akan memaparkan data yang diperoleh dan membahasnya satu per satu terutama yang berkaitan dengan HIV/AIDS.
Bab ketiga merupakan bab penutup dalam makalah ini. Pada bagian ini penulis menyimpulkan uraian sebelumnya, dan memberikan saran agar kita terhindar dari penyakit HIV/AIDS. 
 

BAB II
PEMBAHASAN

HIV ialah merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus adalah virus penyebab AIDS.
AIDS ialah merupakan singkatan dari Acquired Immunideficiency Syndrome adalah kumpulan gejala penyakit yang didapat akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh.
1.      Apakah penyebab AIDS itu?
AIDS disebabkan oleh virus yang namanya HIV (Human Immunodefeciency Virus) yaitu virus yang merusak system kekebalan tubuh manusia. Akibatnya tubuh menjadi rentan terhadap serangan penyakit.
2.      HIV/AIDS dapat ditularkan melalui 3 cara yaitu :
a.       Hubungan seks bebas yang tidak terlindung, dengan orang yang telah terinfeksi HIV/AIDS.
b.      Tranfusi darah atau penggunaan jarum suntik secara bergantian.
c.       Ibu hamil penderita HIV/AIDS kepada bayi yang dikandungnya.
3.      Menurut pandangan 5 agama di Indonesia, tentang AIDS. AIDS memang salah satu penyakit buruk jika dipandang dalam agama. Karena penularan HIV/AIDS sendiri memang melalui cara yang dilarang agama. Salah satunya HIV/AIDS ditularkan melalui hubungan seks bebas. Seks bebas sendiri dilarang dalam agama.

BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
Menurut pandangan agama HIV/AIDS itu buruk, karena penularan pun terjadi melalui cara yang dilarang oleh agama. Salah satunya HIV/AIDS ditularkan melalui hubungan seks bebas.

B.  Saran
Agar kita semua terhindar dari AIDS, maka kita harus berhati-hati memilih pasangan hidup, jangan sampai kita menikah dengan pasangan yang mengidap HIV/AIDS, karena selain dapat menular kepada diri kita sendiri juga dapat menular kepada janin dalam kandungan kita. Kita juga harus berhati-hati dalam pemakaian jarum suntik secara bergantian dan tranfusi darah dengan darah yang sudah terpapar HIV.


Kunjungi : Download KTI Kebidanan dan Keperawatan

0 comments:

Poskan Komentar