KUMPULAN KTI KEBIDANAN DAN KTI KEPERAWATAN

Bagi mahasiswi kebidanan dan keperawatan yang membutuhkan contoh KTI Kebidanan dan keperawatan sebagai rujukan dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah bisa mendapatkannya di blog ini mulai dari BAB I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka, Kuesioner, Abstrak dan Lampiran. Tersedia lebih 800 contoh kti kebidanan dan keperawatan. : DAFTAR KTI KEBIDANAN dan KTI KEPERAWATAN

KTI PERAN AKTIF PASIEN DALAM PENYEMBUHAN PENYAKIT HIPERTENSI DENGAN CARA MERUBAH GAYA HIDUP DI PUSKESMAS XXX

Kamis, 31 Maret 2011

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Hipertensi merupakan masalah kesehatan yang umum di masyarakat banyak orang yang menderita penyakit hipertensi tersebut, tetapi tidak manyadarinya. Penyakit ini berjalan terus seumur hidup dan sering tanpa adanya keluhan yang khas selama belum ada komplikasi pada organ tubuh.
(http://group yahoo.com.yundini, 2006)
Sekitar 50% penderita hipertensi tidak menunjukkan gejala yang jelas terutama dalam taraf awal, namun beberapa gejala dapat terjadi secara bersamaan dan di yakini berhubunan denan tekanan darah tinggi (meskipun sesungguhnya tidak demikian). (Srikumalaningsih, 2008).
Diperkirakan sekitar 80% kenaikan kasus hipertensi terutama dinegara berkembang tahun 2025 dari sejumlah 639 juta kasus, ditahun 2000 diperkirakan menjadi 1,15 milyar kasus 2025, prediksi ini didasarkan pada angka penderita hipertensi saat ini dan pertambahan penduduk saat ini. (Armilawaty 2007).
Di Indonesia banyaknya penderita hipertensi diperkirakan 15 juta orang tetapi hanya 4% yang merupakan hipertensi terkontrol, prevalensi 6 – 15% pada orang dewasa, 50% diantaranya tidak menyadari bahwa sebagai penderita hipertensi sehingga mereka cenderung untuk menjadi mengetahui faktor resikonya dan 90% merupakan hipertensi esensial.
Pada tahun 2004 hipertensi di Indonesia sekitar 13,4% - 14,6% dan di Sumatera Utara sebesar 5,54%. Jumlah kasus hipertensi di Kabupaten Deli Serdang menurut data dari Dinas Kesehatan pada tahun 2004 sebanyak 17,929 dan pada tahun 2006 sebanyak 36,203 penderita. (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Deli Serdang).
Jumlah kasus untuk Puskesmas Rawat Inap Batang Kuis sebanyak 194 penderita pada tahun 2008 – 2009
Gaya hidup dapat mempengaruhi tekanan darah dan meningkatkan resiko terkena hipertensi serta memperburuk hipertensi yang sudah ada.
Bila kita memperbaiki / menambah gaya hidup maka tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat diturunkan. (Panduan Sehat Mengatasi Tekanan Darah Tinggi, F. Samuel Gardner 2007).
Pada survey awal pasien yang berobat di Puskesmas Rawat Inap Batang Kuis mempunyai gaya hidup yang tidak baik, dalam proses penyembuhan penyakit hipertensi seperti merokok, tidak berolah raga dan sedikit mengkonsumsi buah dan sayuran.

1.2  Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peran Aktif Pasien Dalam Penyembuhan Penyakit Hipertensi Dengan Cara Merubah Gaya Hidup di Puskesmas Batang Kuis Kabupaten deli serdang
  
1.3  Tujuan Penelitian
1.3.1        Tujuan Umum
Untuk mengetahui Peran Aktif Pasien Dalam Penyembuhan Penyakit Hipertensi Dengan Cara Merubah Gaya Hidup
1.3.2        Tujuan Khusus
-         Agar pasien dapat menerima kenyataan dan dapat mengatasi panyakit tekanan darah tinggi.
-         Pasien dapat memeriksa kembali nilai – nilai dan tujuan (dapat melakukan intropeksi diri dan befikir tentang gaya hidupnya)
-         Pasien dapat mempraktekkan disiplin diri dan penghidupan secara Rasional

1.4  Manfaat Penelitian
1.4.1        Bagi Pasien
Dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam meningkatkan derajat kesehatan yang berhubungan dengan penyakit hipertensi
1.4.2        Bagi Peneliti
Sebagai sarana untuk menerapkan ilmu pengetahuan dibidang keperawatan
1.4.3        Bagi Institusi
Khususnya institusi keperawatan ..................................... dapat bermanfaat sebagai masukan untuk pengembangan ilmu dalam melakukan penanganan pasien hipertensi

Kunjungi : Download KTI Kebidanan dan Keperawatan No 62

0 comments:

Poskan Komentar