KUMPULAN KTI KEBIDANAN DAN KTI KEPERAWATAN

Bagi mahasiswi kebidanan dan keperawatan yang membutuhkan contoh KTI Kebidanan dan keperawatan sebagai rujukan dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah bisa mendapatkannya di blog ini mulai dari BAB I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka, Kuesioner, Abstrak dan Lampiran. Tersedia lebih 800 contoh kti kebidanan dan keperawatan. : DAFTAR KTI KEBIDANAN dan KTI KEPERAWATAN

KTI TINGKAT PENGETAHUAN IBU IIAMIL MENGENAI HIPEREMESIS GRAVIDARUM PADA TRIMESTER PERTAMA DI KLINIK XXXXX

Minggu, 17 April 2011

                BAB I
PENDAHULUAN

1.1.       Latar Belakang
Kehamilan merupakan suatu proses fisiologis yang terjadi pada wanita dimana masa kehamilan dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin, lamanya kehamilan normal yaitu 280 hari (40 minggu atau 9 bulan 7 hari) dihitung dari pertama haid terakhir, pengawasan antenatal memberikan manfaat bagi ibu hamil dan ditemukannnya berbagai masalah/kelainan yang menyertai kehamilan secara dini. Bedasarkan penelitian WHO di seluruh dunia terdapat kematian sebesar 500.000 jiwa pertahun saat hamil atau bersalin dan kematian bayi khususnya neonatal sebesar 10.000.000 jiwa pertahun saat hamil atau bersalin jiwa pertahun. Hasil survey demografi dan kesehatan Indonesia 2007 menyebutkan bahwa AKI tahun 2007.
Sebesar 228 per 100.000 kelahiran hidup dan penyebab langsung kematian ibu di Indonesia. Adalah perdarahan, infeksi, eklamasi, partus lama dan komplikasi abortus (Enykusmiran, 2009).
Mengingat pentingnya peningkatan kesehatan ibu dan bayi baru lahir, tanggal 12 Oktober 2000 pemerintah telah mencanangkan gerakan nasional kehamilan aman atau Making Pregnancy Safer (MPS) sebagai strategi pembangunan kesehatan masyarakat menuju Indonesia sehat Indonesia 2010. Sebagai bagian dari programasafe Metherhood dalam arti luas tujuan Safe Motherhood dan Making Pregnacy Safer, yaitu melindungi hak reproduksi dan hak azasi manusia dengan cara mengurangi bebam kesakitan, kecacatan dan kematian yang berhiubungan dengan kehamilan dan persalinan yang sebenarnya tidak prlu terjadi. MPS merupakan strategi sector kesehatan yang terfokus pada pendekatan perencanaan sistematis dan terpadu dalam melaksanankan intervensi klinis dan pelayanan kesehatan. Pembuatan manajemen ini juga untuk menggunakan cakupan pelayanan antenatal, salah satu upaya penurunan AKI adalah dengan melakukan pelayanan antenatal yaitu dengan program ANC dengan periode 4 kali kunjungan, jika upaya penrapan ANC ini dilakukan secara teratur, secara otomatis penurunan AKI dapat diturunkan, penyuluhan kepada ibu hamil perlu dilakukan karena banyak ibu hamil yang tidak mengeti artipentingnya pemeriksaan kehamilan, terutama penyuluhan tetang komplikasi sebagai akibat langsung kehamilan yang merupakan hal yang patologis, salah satunya “Hiperemesis Gravidarum”. Hal ini merupakan hal yang wajar dan sering didapatkan pada kehamilan trisemester pertama. Terjadinya pada pagi hari rapi bisa juga timbul setiap saat dan malam hari, mual dan muntah terjadi 60-80 %, primigravida dan 40-60%, multigravida yang dapat berlangsung selama 4 bulan (Ebdosama, 2008).
Mual muntah trjadi pada 60-80 primigrvida dan 40-60 multigravda. Satu dianatara seribu kehamilan, gejala-gejala ini menjadi lebih berat. Perasaan mual ini disebabakan oleh karena mengikatnya kadar hormone estrogen dan HCG dalam darah. Pada umumnya wanita dapat menyesuaikan dengan keaaan ini, meskipun demikian gejala mual dan muntah yang berat dapat brlangsung samapai 4 bulan usia kehamilan. Pekerjaan sehari-hari menjadi terganggu dan keadaan umum menjadi buruk. Keadaan inilah yang disebut Hiperemesis Gravidrum                  ( Sarwono, 2006).
Mual kehamilan dialami oleh dari 75% wanita dan mual muntah terjadi pada separuh wanita hamil gejala biasanya mulai  pada kehamilan minggu ke enam dan berhenti sebelum minggu ke 12 meskipun dapat berlanjut selama kehamilan. Gejala ini lebih sering terjadi pada wanita yang mempunyai riwayat kegagalan kehamilan, atau yang mengandung bayi kembar, seperempat wanita yang mengalami gejala ini akan mengalami lagi pada kehamilan berikutnya.
Menurut richter menyatakan bahwa samapai dengan 90% wanita mengalami beberapa bentuk mual dan muntah selama kehamilan yang dapat berkisar dari gejala mual ringan yang khas sampai sedang yang dapat sembuh dengan sendirinya dengan atau tanpa di sertai muntah (Woolfsoon, 2009).
Berdasarkan latar belakang diatas mka penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang Tingkat Pengetahuan Ibu hamil Mengenai Hiperemesis Gravidarum pada Trisemester Petama Di Klinik ............................... Binjai Tahun 2010.

Kunjungi : Download KTI Kebidanan dan Keperawatan No 81

0 comments:

Poskan Komentar