KUMPULAN KTI KEBIDANAN DAN KTI KEPERAWATAN

Bagi mahasiswi kebidanan dan keperawatan yang membutuhkan contoh KTI Kebidanan dan keperawatan sebagai rujukan dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah bisa mendapatkannya di blog ini mulai dari BAB I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka, Kuesioner, Abstrak dan Lampiran. Tersedia lebih 800 contoh kti kebidanan dan keperawatan. : DAFTAR KTI KEBIDANAN dan KTI KEPERAWATAN

KTI TINGKAT PENGETAHUAN IBU PRIMIPARA TENTANG PERAWATAN BAYI BARU LAHIR DI KLINIK XXXXX

Minggu, 17 April 2011

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Anak adalah anugerah paling besar yang pernah diterima ibu. Ia akan mengalami Perasaan bahagia, bangga juga terkadang diliputi karaguan serta kerisauan. Apakah ibu tersebut dapat memenuhi keperluan bayi barunya itu. Ini adalah perasaan yang tidak akan Pernah dialami oleh mereka yang belum mempunyai anak, bahkan gambaran perasaan ini dikarenakan ikatan antara orang tua dan anak sangat pribadi. Orang tua baru dimanapun berada selalu mencari bantuan cepat untuk merawat bayinya. Dimana disini akan dibahas mengenai perawatan bayi baru lahir untuk memberikan acuan cepat menjawab berbagai pertanyaan yang muncul pada kehidupan bayi tahun pertama (Shelov, 2005).
Indonesia pada saat ini masih menghadapi berbagai kendala dalam pembangunan SDM/ Sumberdaya Manusia, khususnya dalam bidang kesehatan. Hal itu tampak antara lain dari masih tingginya kelahiran dan kematian bayi. Indonesia juga telah mengalami  kemajuan yang signifikan dalam upaya penurunan kematian bayi dalam beberapa decade terakhir. Pada tahun 1960, Angka kemtian bayi (AKB). Indonesia adalah 128% per 1.000 kelahiran. Angka ini turun menjadi 68% per 1.000 kelahiran hidup pada 1989,57 pada tahun 1992 dan 46 pada tahun 1995. Pada decade 1990-an, rata-rata penurunan 5% per tahun, sedikit lebih tinggi dari pada decade 1980-an sebesar 4% per tahun. Walaupun pencapaian telah begitu menggembirakan, Tingkat kematian bayi di Indonesia


masih tergolong tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara ASEAN, yaitu 4,6 kali lebih tinggi dari Malaysia, 1,3 kali lebih tinggi dari Filipina, dan 1,8 kali lebih tinggi dari Thailand (Vinadanvani, 2008).
Dalam rencana strategi nasional Making Pregnancy Safer, target dan dampak kesehatan untuk bayi baru lahir adalah menurunkan angka kematian bayi dari jumlah kelahiran bayi yang hidup. Permasalahan kesehatan bayi dipengaruhi oleh faktor perawatan bayi yang tidak benar (Kosim, 2005).
Pelayanan kesehatan neonatal harus dimulai sebelum bayi dilahirkan. Diberikan kepada ibu hamil sebelum masa kelahirannya. Bayi memiliki kehidupan yang konstan tetapi sejak bayi dilahirkan sebuah tahap baru kehidupan akan dimulai, bayi akan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang sama sekali baru. Oleh sebab itu, penting bagi ibu untuk mencari dan mendapatkan pengetahuan serta informasi yang menunjang untuk perawatan bayi baru lahir seperti memandikan bayi, merawat tali pusat, cara menyusui bayi, memakaikan popok dan merawat kulit serta kuku bayi. Dengan adanya perhatian orang tua dalam merawat dan menjaga kebersihan bayi, maka ini akan mendukung bayi untuk dapat terhindar dari infeksi dan penyakit (Saifuddin, 2002).
Dari survei awal yang dilakukan peneliti, ternyata masih terdapat ibu primipara dengan pengetahuan yang kurang tentang perawatan bayi baru lahir di Klinik ............. Medan Tahun 2010.
            Dari uraian diatas maka peneliti merasa tertarik melakukan penelitian  dengan judul ”Tingkat Pengetahuan Ibu Primipara Tentang Perawatan Bayu Baru Lahir di Klinik .......... Medan Tahun 2010”.

Kunjungi : Download KTI Kebidanan dan Keperawatan No 83

0 comments:

Poskan Komentar