KUMPULAN KTI KEBIDANAN DAN KTI KEPERAWATAN

Bagi mahasiswi kebidanan dan keperawatan yang membutuhkan contoh KTI Kebidanan dan keperawatan sebagai rujukan dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah bisa mendapatkannya di blog ini mulai dari BAB I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka, Kuesioner, Abstrak dan Lampiran. Tersedia lebih 800 contoh kti kebidanan dan keperawatan. : DAFTAR KTI KEBIDANAN dan KTI KEPERAWATAN

KTI TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG MENOPAUSE DI DUSUN XIX DESA XXXXX

Minggu, 17 April 2011

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan UHH orang Indonesia adalah 75 tahun pada tahun 2025. Hal ini berarti wanita memiliki kesempatan untuk hidup rata-rata 25 tahun lagi sejak awal masa menopause. Berbagai upaya perlu dilakukan agar waktu yang cukup lama itu dijalani dengan semenyenangkan mungkin (Siagian, 2007).
Pada tahun 2030, jumlah wanita di dunia yang memasuki masa menopause diperkirakan mencapai1,2 miliar orang (Dewi, 20100). Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di journal of womans health dan gender based medicine (mediaindonesia/14/2009) disebutkan, 65% wanita yang berusia antara 51 sampai 64 tahun, dan 74% wanita yang berusia diatas 65 tahun masih melakukan hubungan intim paling tidak sekali dalam seminggu. Hal ini membuktikan bahwa menopause bukanlah akhir dari kehidupan seksual seorang wanita.
Menopause adalah proses alami dari penuaan, yaitu ketika wanita tidak lagi mendapatkan haid selama 1 tahun. Penyebab berhentinya haid karena indung telur tidak lagi memproduksi hormon estrogen dan progesterone. Rata-rata wanita mengalami menopause pada usia sekitar 50 tahun. Pada wanita muda, menopause mungkin juga terjadi, pada mereka yang menjalani operasi pengangkatan indung telur (Luciana,dkk, 2005).
Pada umumnya orang lebih senang menggunakan istilah ‘menopause’, meskipun istilah tersebut kurang tepat, karena menopause hanya merupakan kejadian sesaat saja, yaitu perdarahan haid yang terakhir. Yang paling tepat digunakan adalah klimakterik, yaitu fase peralihan antara pramenopause dan pascamenopause. Pascamenopause terjadi apabila sudah menopause selama 12 bulan sampai menuju ke senium. Senium adalah pascamenopause lanjut, yaitu setelah usia 65 tahun sedangkan bila ovarium tidak berfungsi lagi pada usia <40 tahun disebut klimakterium prekok. Klimakterium berlangsung dari saat premenopause (kira-kira umur 40 tahun) yaitu pada masa dimana ovarium berangsur-angsur menurun fungsinya dan berakhir sekitar usia 55 tahun (Gary,dkk, 2006).
Periode terjadinya menopause menurut Damayanti (2003), menopause dipacu oleh perubahan hormon dalam tubuh, yang diawali dengan terkelupasnya pelapis rahim (endometrium) bersama dengan sedikit darah, yang dipicu oleh kadar hormon progesteron yang rendah dalam tubuh. Ada tiga macam hormon penting yang diproduksi oleh ovarium, yaitu estrogen, progesteron, dan testosteron, dimana setelah mencapai menopause hormon-hormon ini tidak diproduksi (Eka, 2009).
Pada usia 40 tahun ke atas, sekitar 80% wanita mulai tidak teratur siklus menstruasinya. Kenyataannya, hanya sekitar 10% wanita berhenti menstruasi sama sekali tanpa disertai ketidakteraturan siklus yang berkepanjangan sebelumnya. sehingga melibatkan lebih dari 2.700 wanita, kebanyakan di antara mereka mengalami transisi pra-menopause yang berlangsung antara dua hingga delapan tahun (Dwi, 2010).
Berdasarkan survei awal di Dusun XIX Desa Saentis II Mabar yang penulis lakukan bahwa masih banyak ibu yang belum mengerti tentang menopause . Dari data di atas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Menopause di Dusun XIX Desa Saentis II Mabar Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun 2010.

Kunjungi : Download KTI Kebidanan dan Keperawatan No 85

0 comments:

Poskan Komentar